Menikmati Hatyai, Kota Perbatasan Yang Penuh Keunikan

Hatyai merupakan kota kecil di Thailand Selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Di kota ini, saya menemukan banyak objek wisata yang unik dan menarik dibandingkan tempat wisata lainnya. Untuk menuju Hatyai, Anda dapat melakukan perjalanan dengan kereta api atau bus dari Malaysia.

Salah satu objek wisata unik di Hatyai adalah Tang Kuan Hill Top yang merupakan sebuah taman kota diatas bukit. Lokasi taman terletak tidak jauh dari Kantor Konsulat Republik Indonesia di Songkhla dimana terdapat sebuah Royal Pagoda. Untuk menuju ke atas bukit, wisatawan dapat menggunakan fasilitas cable lift. Pengalaman mendaki bukit dengan lift secara vertical sungguh hal yang sangat unik dan berbeda. Tidak hanya memandang Royal Pagoda yang menjulang tinggi, dari Tang Kuan Hill Top akan terlihat juga dua pemandangan yang dapat kita pilih untuk dinikmati, yaitu City View dan Sea View. Ya! Hatyai juga terletak tidak jauh dari bibir pantai, sehingga pemandangan Samila Beach yang begitu cantik dapat terlihat dengan jelas. Pemandangan kota yang tenang dan masih sangat asri juga tidak kalah membuat wisatawan jatuh cinta pada kota kecil ini. Sisi unik Hatyai lainnya adalah saat saya mengunjungi tempat-tempat peribadatan umat Buddha, yakni Guan Yin Temple dan Golden Buddha. Keduanya berlokasi diatas bukit yang memiliki ketinggian berbeda. Pada bukit pertama setelah menaiki beberapa anak tangga, akan terlihat patung Dewi Guan Yin yang menjulang tinggi. Patung tersebut dikelilingi lonceng-lonceng ukuran besar dan berpagar naga emas.

Pada ketinggian selanjutnya terdapat patung Golden Buddha yang tidak jauh berbeda dengan Guan Yin Temple. Lokasi ini dikunjungi warga maupun wisatawan untuk beribadah atau sekedar mengabadikan dalam gambar. Saya semakin excited, karena untuk menuju Golden Buddha akan menggunakan cable car, terutama untuk menuju bukit tertinggi. Dari dalam cable car, wisatawan dapat menikmati 360° pemandangan kota Hatyai yang sangat indah secara keseluruhan. Keberadaan deretan bukit juga banyaknya pepohonan rimbun membuat suasana kota menjadi nyaman dan tenang. Pengelola kota Hatyai begitu cerdik dalam menarik minat wisatawan asing, karena tidak hanya menyajikan keindahan alam, modernisasi, tetapi juga mengimbanginya dengan tekhnologi dan spiritualisme. Selamat mengunjungi Hatyai! (Words and Images : Putri Normalita - @puteriih from Backpacker Indonesia - @idbcpr)