Pasar Terapung Ala Bandung

Bandung terkenal dengan wisata Lembang yang mempesona. Iklim cuaca yang sejuk, panorama alam yang indah, beragam tempat wisata menarik, serta banyaknya pilihan tempat menginap, menjadikan Lembang sangat ideal sebagai destinasi wisata untuk keluarga.

Terdapat sebuah tempat wisata unik, sensasional, dan populer di Lembang bernama Floating Market Lembang (FML). Sebuah tempat wisata terpadu dengan suguhan pasar terapung, danau, dan beragam jenis wisata yang menyatu dengan alam. FML bagai sebuah perkampungan tradisional yang dengan banyak aktifitas di dalamnya. Floating Market Lembang terletak di Jalan Grand Hotel no. 33 E, Lembang. Lokasinya mudah dijangkau dan berjarak sekitar 500 meter dari Pasar Lembang. Harga tiket masuk FML adalah 10.000 Rupiah per orang dengan 5.000 Rupiah per hari untuk parkir kendaraan roda empat. Tiket masuk dapat ditukarkan dengan welcome drink. Seluruh transaksi di dalam FML menggunakan koin mulai dari pecahan 5.000 hingga 100.000 Rupiah. Pembelian koin dapat dibayarkan dengan cash, kartu debet, maupun kartu kredit. Tempat penjualan koin tersebar di dalam area FML sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkannya. Begitu masuk ke area wisata seluas 7,2 hektar ini, mata langsung disambut oleh indahnya pemandangan alam yang begitu asri. Ikon FML berupa pasar terapung, terletak di tengah danau alami bernama Situ Umar. Di sisi koridor banyak perahu berderet rapi dengan aneka ragam kuliner dijual diatasnya. Di sepanjang koridor tersedia meja dan kursi dalam jumlah banyak. Di tepian danau pun tersedia banyak gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat makan. Beragam variasi jenis makanan dan minuman di pasar terapung membuat kita dapat mencicipi banyak pilihan kuliner hanya dalam satu tempat.

Selain aneka ragam kuliner, di FML juga tersedia arena permainan, wahana air, factory outlet, dan berbagai perlengkapan busana untuk seluruh keluarga. Untuk arena bermain bersama keluarga, FML menyediakan wahana bermain yang mendekatkan anak-anak dengan alam. Seperti wahana air misalnya, ada paddleboat, sepeda air, kano, dan kereta air. Terdapat pula arena bermain ATV, taman kelinci, kolam angsa, dan kolam ikan. Wahana bermain lainnya adalah kora-kora, speed car, kereta api, dan komidi putar. Pada salah satu sudut area FML terdapati Kampung Leuit, yakni desa tani yang di dalamnya ditanam berbagai sayuran. Ada pula kebun jeruk lemon, markisa, juga kebun strawberry dan pengunjung bebas untuk memetik sendiri. Berada di Kampung Leuit dengan deretan miniatur sawah, membuat kita seolah berada di area sawah sesungguhnya. FML juga menyediakan tempat rileksasi untuk bersantai sambil pijat refleksi di rumah terapung. Uniknya, rumah pijat refleksi dibangun dengan aristektur khas rumah model Belanda, Thailand, dan Betawi. Suasana sejuk dan hening, membuat aktifitas refleksi dinikmati dengan tenang sambil memandang alam sekitar. Mata segar, badan bugar, bahagiapun memancar. Berwisata ke Floating Market Lembang bersama keluarga terasa begitu berkesan dan menyenangkan. Bermain, berbelanja, kuliner, bahkan bersantai dapat dilakukan di tempat ini. Ayo, ke Floating Market Lembang dan rasakan sensasinya yang tak terlupakan. (Words and Images : Katerina - @Travelerien)