Pantai Mawun, Sebuah Kecantikan Yang Tersembunyi

Pulau Lombok terkenal dengan pemandangan pantai yang menawan. Keelokan pantainya senantiasa mampu memikat para wisatawan untuk datang, salah satunya adalah Pantai Mawun. Nama pantai ini masih cukup asing, oleh sebab itulah masih jarang dikunjungi wisatawan. Pantai Mawun terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Jika menempuh rute Mataram - Cakranegara - Kediri - Praya - Penujak - Selong Belanak – Mawun, waktu tempuh dengan berkendara roda empat sekitar dua jam.

Jika hendak ke Pantai Mawun, ada baiknya juga mampir ke Pantai Selong Belanak terlebih dahulu. Pantai yang terkenal sebagai surga peselancar ini hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari Pantai Mawun. Tidak sulit untuk mencapai Pantai Mawun. Kita hanya perlu menyewa kendaraan roda empat atau roda dua di agent wisata setempat. Di Mataram, rental mobil dan motor dikenakan biaya sewa 50.000 Rupiah per hari. Untuk mobil 350.000 Rupiah belum termasuk supir dan bahan bakar. Jalan menuju Pantai Mawun beraspal dan cukup lebar, sehingga aman dilalui kendaraan roda empat dan roda dua. Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan berupa hamparan kebun tembakau, kebun jambu mete dengan buahnya yang lebat dan berwarna merah, bukit-bukit tandus yang eksotik dengan pohon, bahkan tak jarang tersaji panorama laut luas terbentang dengan warna biru yang seakan menyatu dengan langit. Setiba di Pantai Mawun, kesan tenang dan damai seakan menyergap seketika. Panorama pantai yang terlihat seperti sebuah kolam renang besar berbentuk separuh lingkaran, bagai menyambut kita dengan ucapan selamat datang lewat lautnya yang tenang tiada gelombang. Pantai Mawun memang menyerupai teluk kecil dengan ujung timur dan ujung barat pantai dipenuhi bukit menjulang yang tegak kokoh menutupi pantai. Keberadaan bukit inilah yang membuat Pantai Mawun menjadi semi tertutup. Jika kita berdiri di tengah pantai, kita akan berhadapan dengan Samudera Hindia yang terbentang luas dan dalam.

Air laut yang jernih dan berwarna biru, membuat kita tidak tahan untuk langsung berenang ataupun sekedar bermain air. Bukan hanya sejuk yang terasa, tetapi juga rasa aman, karena Pantai Mawun tidak berkarang. Permukaan pantai berbalut pasir putih yang bersih, hingga ke dalam lautnya. Hanya saja topografi pantainya memang agak curam, perlu berhati-hati jika hendak berenang. Kesan sepi dan tersembunyi, menjadikan Pantai Mawun benar-benar tenang dan damai. Ketika bermain di pantai, kita tidak kan terusik oleh penjaja souvenir yang biasanya sibuk menawarkan barang. Untuk sekedar fasilitas kecil, di pantai ini tersedia tiga bale-bale untuk duduk-duduk, dua warung sederhana, penjual air kelapa, kamar mandi umum, dan juga tempat parkir. Jika Anda menginginkan berwisata di pantai yang bersuasana tenang dengan pemandangan pantai yang masih alami, maka Pantai Mawun adalah pilihan yang tepat. Pesona kecantikannya yang tersembunyi sangat menarik untuk disingkap. (Words and Images Katerina - @Travelerien)