Bodensee, Danau Favorit Keluarga

Bodensee atau Danau Konstanz merupakan salah satu danau di Jerman. Bodensee pun dikenal sebagai danau terluas di Eropa yang menghubungkan tiga negara sekaligus, yaitu negara Jerman (wilayah Baden-Württemberg dan Bayern), Swiss (Kanton St. Gallen dan Thurgau), serta Austria (negara bagian Vorarlberg). Danau ini terlihat tidak seperti danau, karena sangat luas dan banyak yang menganggapnya sebagai laut dengan pantai berpasir dipinggirnya. Saat musim panas, danau akan dipadati pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Para wisatawan akan berjemur di pinggir atau di sekitaran danau ini. Sekedar bersepeda mengelilingi kawasan Bodensee juga menyenangkan untuk dilakukan sambil menikmati hangatnya matahari.

Masyarakat lokal sangat senang bila musim panas datang dan biasanya memang danau menjadi tempat favorit keluarga. Mereka akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk keluar rumah demi bertemu dengan sang matahari yang terik. Maklum saja, di negara seperti Jerman, yang memiliki empat musim, hawa dingin akan lebih sering dirasakan dibanding suasana panas. Konstanz terletak di wilayah Baden-Württemberg, Jerman dan dikenal sebagai salah satu kota yang ramai. Adanya Bodensee menjadikan Konstanz semakin ramai, terlebih karena kota ini mudah dijangkau dengan berbagai transportasi, terutama transportasi umum. Jika menggunakan kereta, danau ini berada tepat di belakang stasiun. Maka tak heran jika keluar stasiun kita langsung akan disuguhi pemandangan danau nan indah dan bersih. Tatanan gedung sekitar stasiun dan beberapa bangunan yang sengaja dibuat untuk memperindah tepi Bodensee menjadikan danau tersebut menjadi objek yang menarik. Tersedia juga kapal laut yang dapat kita tumpangi untuk menikmati panorama danau serta menyeberangi hingga ke negara yang berbatasan langsung. Misalnya, kita dapat membeli tiket kapal laut yang berkapasitas besar saat ingin ke Swiss, layaknya kapal feri untuk menyeberangi Selat Sunda di Indonesia. Sebuah jembatan besar akan mengantar kita ke sebuah tepi danau dengan patung seorang wanita yang ditempatkan menjorok ke danau. Patung ini melambangkan kebebasan berekspresi di Eropa. Dibawah patung besar terdapat ‘Gembok Cinta’ dan dipercayai akan membuat jalinan cinta yang tertulis namanya di gembok selalu bersatu selamanya, karena sudah dikunci dengan gembok tersebut.

Tidak jauh dari danau, seluruh keluarga dapat berkeliling di Insel Mainau atau Pulau Mainau, mirip seperti Pulau Samosir di Danau Toba. Insel Mainau adalah surga bagi pencinta bunga dan tanaman. Tidak hanya banyak kebun yang dipenuhi tanaman, ada juga tempat bermain atraktif bagi anak-anak yang cukup luas, bangunan istana, rumah kupu-kupu terbesar di Jerman, koleksi kuda poni dan keledai, juga keturunan hewan ternak yang langka, seperti domba gunung coklat. Untuk memasuki area Insel Mainau kita harus membeli tiket sesuai ketentuan yang berlaku. Tiket seharga 37 Euro tersedia untuk keluarga yang berlaku bagi orang tua serta anak usia 13-15 tahun. Sedangkan, untuk grup hingga 10 orang, dapat membeli tiket seharga 14,4 Euro. Spesial untuk bayi hingga umur 12 tahun, tidak perlu membeli tiket alias gratis. Keindahan Insel Mainau dengan panorama Bodensee yang mengelilingi dapat dinikmati bersama keluarga. Aneka tanaman ditata dan dibentuk dalam berbagai kreasi. Jika ada kesempatan mengunjungi negara Jerman, ajak seluruh keluarga berkumpul merasakan keindahan Bodensee dan Pulau Mainau di kota cantik Konstanz (Constance), karena kabarnya Konstanz adalah salah satu tempat yang paling indah di Eropa. Enjoy joyful and excitement time with your family! (Words and Images Desy Alfiana - @desyoochun)