Simping, Pulau Terkecil Di Dunia

Banyaknya pulau terkecil di dunia mungkin dapat dihitung dengan jari, misalnya Bishop Rock yang terletak di antara Britania Raya dan Laut Pasifik. Pulau yang hanya memiliki satu mercusuar ini merupakan salah satu diantara pulau terkecil di dunia. Namun, tahukah Anda ternyata Indonesia juga mempunyai pulau yang tak kalah kecilnya, yaitu Pulau Simping.

Dengan jumlah pulau di Indonesia yang mencapai 17.508 pulau, satu diantaranya terselip sebuah pulau yang diklaim sebagai pulau terkecil di Indonesia bahkan di dunia. Luasnya hanya mencapai 1 hektar dan garis pantainya saja tentu tak akan sepanjang garis pantai yang biasa. Pulau Simping terletak dekat sebuah pantai berukuran kecil tak berpenghuni yang berada di perairan Pantai Teluk Mak Jantu, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Informasi tentang berapa ukuran sebenarnya Pulau Simping yang lantas dinobatkan menjadi pulau terkecil di Indonesia bahkan di dunia ini memang tidak begitu jelas. Akan tetapi tulisan di papan hijau yang terpampang pada gerbang masuk pulau, sangat jelas menerangkan bahwa Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebelum diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil, pulau ini hanyalah sebuah pulau biasa yang dihuni oleh beberapa orang saja. Lambat laun, para penghuni pindah karena abrasi yang menyebabkan rumah mereka sering terendam air laut. Perangkat desa yang kebetulan sedang melakukan inventerisasi pulau di wilayah ini melihat potensi wisata dari Pulau Simping.

Pulau ini berada di kawasan Wisata Alam Sinka Island Park, pembenahan infrastruktur pun dimulai layaknya tempat yang ingin dijadikan sebagai objek wisata. Kemudian, dibuatlah sebuah papan petunjuk mengenai keberadaannya oleh para pengelola wisata alam itu. Pemberian tanda sebagai petunjuk bahwa pulau telah menjadi objek wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat luas. Tak hanya tanda, untuk memudahkan akses para pengunjung menuju ke pulau juga dibuat jembatan penyeberangan. Sebagai pulau terkecil yang diakui PBB ternyata mengundang masyarakat luas untuk melihat langsung seperti apa pulau tersebut. Alhasil, setiap akhir pekan pulau ini selalu dikunjungi oleh dan dijadikan objek wisata bagi para pengunjung dari dalam negeri hingga mancanegara. Tesktur pulau sebagian besarnya merupakan daratan yang terdiri atas pasir dan bebatuan yang ditumbuhi oleh beberapa pohon di atasnya. Air laut di sekitar pulau dan pantai sangat tenang karena berada di teluk dan relatif dangkal. Saat berdiri di pulau ini, Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan pantai, laut dan perbukitan yang mengelilinginya. Selain itu, pulau yang masuk dalam area konservasi dan hutan yang dilindungi ini pun terdapat semacam klenteng kecil. Banyak para pengunjung yang berasal dari etnis Tionghoa menyempatkan diri untuk bersembahyang di klenteng tersebut. Perjalanan untuk menuju Pulau Simping dapat ditempuh melalui Singkawang, Kalimantan Barat. Dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan menuju ke Singkawang. Setelah itu, dari Singkawang menuju ke Pantai Teluk Mak Jantu. Jarak tempuh dari bibir pantai ke Pulau Simping kurang lebih 100 meter. Untuk mencapainya, Anda dapat menggunakan jembatan beton yang telah dibangun untuk menuju lokasi pantai tersebut. Jika Anda memerlukan tempat penginapan, di Singkawang banyak terdapat hotel-hotel berbagai kelas, dari kelas melati sampai yang berbintang. Semuanya tergantung dari selera Anda. Untuk informasi lebih beragam mengenai tempat penginapan dikawasan sekitar, dapat Anda dilihat di http://www.goindonesia.com/.