Setahun Lebih Muda Di Air Terjun Benang Kelambu

Ketika membicarakan mengenai lokasi yang tepat untuk berlibur di dalam negeri, tentunya masih banyak list tempat yang patut kita kunjungi. Karena, Indonesia merupakan negeri yang memiliki pemandangan sangat indah. Terbukti, banyak turis mancanegara yang justru memilih Indonesia sebagai destinasi yang wajib mereka sambangi ketika menghabiskan jatah liburannya. Selain pantai, gunung, dan keanekaragaman budaya yang dimiliki Ibu Pertiwi, ada lagi kekayaan terpendam yang ada di Indonesia, salah satunya adalah air terjun.

Biasanya, pada tempat wisata alam yang ada di Indonesia terselip mitos yang identik atau menjadi ciri khas tempat tersebut. Mitos yang terselip dalam sebuah wisata alam di Indonesia memang menjadi pelengkap. Di Lombok, ada air terjun yang konon katanya dapat menambah umur kita, yaitu Air Terjun Benang Kelambu yang berlokasi di daerah Kabupaten Lombok Tengah bagian utara, tepatnya di Dusun Pemotoh Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara. Aliran Air Terjun Benang Kelambu bersumber langsung dari Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani. Aliran air mengalir keluar dari sela-sela pohon dengan enam deret titik air yang tercurah dari atas bukit layaknya sebuah kelambu. Air Terjun Benang Kelambu terbagi menjadi dua bagian dengan dua sampai tiga tingkat. Pada tingkat pertama tinggi aliran air mencapai sekitar 30 meter, sedangkan yang kedua sekitar 10 meter. Alirannya memiliki ketinggian 35 meter dan tidak jatuh langsung ke dasar, tetapi jatuh pada tingkatan kedua di bagian atas yang berupa sebuah kolam dari lempengan batu cadas. Aliran air melewati beberapa susunan lempengan batu, hingga akhirnya jatuh mencapai kolam yang ada di dasar. Air yang tercurah dari atas bukit ini mirip dengan kelambu atau tirai, karena itulah air terjun ini disebut Benang Kelambu. Bukanlah batu dan tebing yang menjadi 'papan' seluncur untuk air, tetapi tanaman merambatlah yang menjadi alasnya.

Jika Anda mencari suasana yang sejuk, teduh, dan menenangkan di Lombok , Air Terjun Benang Kelambu sangat cocok dijadikan alternatif tujuan wisata, karena memang masih belum banyak dikunjungi wisatawan dan udaranya sangat segar. Untuk menuju lokasi ini, Anda dapat menempuhnya dari kota Mataram selama 45 menit dengan menggunakan kendaraan melalui Narmada, Desa Pancar Dao, dan Pasar Teratak. Akses menuju lokasi dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah tiba di tempat parkir, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan hingga tiba di lokasi. Meskipun perlu sedikit usaha ekstra untuk sampai ke lokasi, tetapi akan terbayar ketika sudah melihat keindahan dari Air Terjun. Sebelum bepergian, akses www.goindonesia.com untuk memilih rangkaian perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan.