Hidden Treasure in Indonesia: Maratua

Maratua, bagi penyuka olahraga selam tentu nama tersebut sudah tidak asing lagi. Maratua merupakan surga bagi para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia. Tetapi, apakah hanya sebatas keindahan bawah laut saja yang tersaji di Maratua, ataukah ada harta karun tersembunyi lainnya yang berada di ujung timur Pulau Kalimantan ini?

Maratua merupakan sebuah pulau kecil yang termasuk wilayah administrasi Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau seluas 4.119,54 km2 merupakan wilayah terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan perairan Philipina dan Malaysia. Maratua merupakan pulau berpenghuni yang dapat dijangkau melalui 4 jam perjalanan dengan menggunakan speedboat dari pusat Kota Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Alternatif lain jika akan mengunjungi pulau adalah dengan menggunakan jalan darat menuju Pelabuhan Tanjung Batu dengan menggunakan travel selama ± 2 jam, kemudian dilanjutkan menggunakan kapal motor atau speedboat yang tersedia di Pelabuhan Tanjung Batu selama ± 2 jam perjalanan. Sesampainya di dermaga, maka akan terlihat keindahan alam di ujung barat. Kita disambut cantiknya pesona matahari terbenam, tersirat cahaya jingga kemerahan yang membias dalam perpaduan warna birunya langit dan laut. Seiring terbenamnya matahari banyak kapal nelayan yang mulai menepi menandai berakhirnya aktifitas hari ini. Kehidupan masyarakat Pulau Maratua kental dengan kehidupan masyarakat pesisir, sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Mereka berangkat pagi menuju laut untuk menangkap ikan dan pulang ketika senja, tidak seperti nelayan pada umumnya yang pergi melaut sampai berhari-hari.

Maratua terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memiliki hamparan terumbu karang yang menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan. Di wilayah perairan Maratua yang luasnya 3.735,18 km2 itu terhampar terumbu karang yang sangat luas dan indah memenuhi dasar di perairan. Maratua merupakan bagian dari coral triangle yang menjadikan terumbu karang di Maratua begitu luas dan beragam. Banyak penyelam dari luar negeri datang ke Maratua hanya untuk menikmati keindahan bawah laut maratua yang kaya akan keindahan terumbu karang serta beribu ikan yang cantik seperti nemo, napoleon, barracuda, giant trevally, dan sebagainya yang menjadikan Maratua seakan-akan adalah aquarium raksasa alami yang diciptakan Tuhan untuk memanjakan mata kita. (Words and Images Muhammy Fatchi Rezza - @RezzaFatchi)