lifestyle / travelogue

Masjid Terbesar di Kroasia

Mengunjungi kota-kota besar Eropa tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke masjid setempat. Jumlah Muslim yang minoritas tidak menjadi halangan bagi umat Islam lokal untuk membangun masjid yang megah dan menawan. Di Zagreb, masjid terbesar di Kroasia berdiri dan memiliki tiga kubah hijau dengan bentuk yang unik. Meski jumlahnya hanya sekitar 1,5 persen dari keseluruhan penduduk Kroasia, Islam bukan agama baru di negeri ini. Islam datang berabad lalu bersamaan dengan pedagang Muslim asal Bosnia di pertengahan abad ke-18. Saat ini, sepertiga dari keseluruhan Muslim Kroasia tinggal di ibukota, Zagreb.

Read More

Pasar Terapung Ala Bandung

Bandung terkenal dengan wisata Lembang yang mempesona. Iklim cuaca yang sejuk, panorama alam yang indah, beragam tempat wisata menarik, serta banyaknya pilihan tempat menginap, menjadikan Lembang sangat ideal sebagai destinasi wisata untuk keluarga.

Read More

Melaka, Destinasi Untuk Keluarga

Traveling ke luar negeri dengan keluarga sebaiknya memilih tempat yang nyaman untuk bercengkrama sekalipun memiliki sisi unik dan indah. Tidak perlu terlalu jauh, saat traveling ke Malaysia sempatkan untuk mampir ke Melaka River Cruise. Selat yang namanya tidak asing lagi ini ternyata memiliki daya tarik yang begitu memikat. Pemerintahan Malaysia begitu cermat untuk menjaga dan melestarikan tempat ini.

Read More

Gili Meno, Sepotong Surga Bagi Pecinta Hening

Lombok, pulau dengan sejuta pesona keindahan yang pesonanya selalu memikat hati. Mulai dari pesona laut, gunung, suasana, hingga kuliner, Lombok memiliki semua syarat untuk menjadi the must visit place. Siapa yang tidak kenal Gunung Rinjani atau Gili Trawangan? Keduanya menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Namun, Lombok pun memiliki primadona lain, yaitu Gili Meno yang memiliki suasana lebih tenang dibandingkan Gili Trawangan.

Read More

Menikmati Hatyai, Kota Perbatasan Yang Penuh Keunikan

Hatyai merupakan kota kecil di Thailand Selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Di kota ini, saya menemukan banyak objek wisata yang unik dan menarik dibandingkan tempat wisata lainnya. Untuk menuju Hatyai, Anda dapat melakukan perjalanan dengan kereta api atau bus dari Malaysia.

Read More

Pesona Panorama Pusuk Di Antara Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Utara

Lombok, tak akan ada habisnya berbicara tentang keindahan pulau yang satu ini. Saat saya mendapatkan kesempatan untuk menginjakkan kaki di pulau ini pun, hasrat untuk menjamah setiap sudut lombok yang indah tak dapat lagi terbendung. Tak ingin rasanya melewatkan satu saja tempat menarik yang ada di sana.

Read More

Merindukan Bedug Maghrib di Singapura

Itulah yang saya rasakan selama menjalankan puasa Ramadhan di Singapura. Padahal, bagi orang yang berpuasa, suara bedug maghrib merupakan hal yang paling ditunggu. Di Singapura, kumandang adzan memang tidak diperbolehkan terdengar sampai keluar masjid. Dari 69 masjid yang ada di Singapura, hanya dari Masjid Sultan yang berlokasi di Muscat Street dapat terdengar suara adzan yang berkumandang lewat speaker. Jadi selama berpuasa di Singapura, saya selalu membawa jadwal Shalat yang didownload dari www.muis.gov.sg. Mendengarkan radio juga merupakan salah satu pilihan lain untuk mengetahui waktu Shalat.

Read More

Masjid Penyengat yang Unik dan Bersejarah

Warnanya yang kuning pucat terlihat mencolok dibanding bangunan lain yang ada di sekitarnya. Itulah Masjid Raya Sultan Riau atau yang lebih populer dengan nama Masjid Penyengat. Masjid ini terletak di Pulau Penyengat, sebuah nama yang mungkin masih terdengar asing di telinga. Wajar saja, karena Pulau Penyengat ini hanyalah sebuah pulau kecil seluas 2 km² dan merupakan satu dari ribuan pulau yang tersebar di wilayah Kepulauan Riau. Pulau Penyengat berjarak sekitar 6 km dari Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau.

Read More

Ramadhan di Negeri Hindustani

Negeri Hindustani adalah sebutan lain dari Negara India yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Negeri semilyar penduduk ini, memiliki jumlah umat muslim sekitar 178 juta. Menjalankan Ibadah ramadhan di negeri ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Perayaan bulan suci Ramadhan tak seakbar di negera kita. Di India Tadarus Al Quran dari dalam masjid tanpa mengumandangkan melalui speaker. Shalat Tarawih di Masjid sebatas kaum adam saja. Sedangkan kaum hawa, menjalankan shalat tarawih dirumah. Hal ini merupakan hal yang biasa di India, mengingat hampir keseluruhan masjid di India hanya dipergunakan shalat untuk kaum adam saja.

Read More

Hongdae : Sengatan Energi Muda

Hongdae sedang menjadi salah satu destinasi favorit yang sedang naik daun diantara para wisawatan asing yang mengunjungi Korea, terutama dari kalangan anak muda. Beberapa kata yang dapat menggambarkan kawan Hongdae adalah youth, urban, dan artistic.

Read More

Menikmati Pesona Indah Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Pemandangan hijau alami dengan udara sejuk dan menyegarkan, menyambut kedatangan kami ketika tiba di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Rasa penat seusai berkendara selama 2,5 jam dari Kota Mataram yang berjarak tempuh sejauh 60km, seakan menguap ketika akhirnya berdiri di pintu masuk wisata Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Ya, inilah tujuan perjalanan kami, melihat langsung pesona kedua air terjun terkenal yang terletak di sisi utara kaki Gunung Rinjani.

Read More

Hidden Treasure in Indonesia: Maratua

Maratua, bagi penyuka olahraga selam tentu nama tersebut sudah tidak asing lagi. Maratua merupakan surga bagi para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia. Tetapi, apakah hanya sebatas keindahan bawah laut saja yang tersaji di Maratua, ataukah ada harta karun tersembunyi lainnya yang berada di ujung timur Pulau Kalimantan ini?

Read More

Berlomba Dengan “Si Hitam” Atraktif Maratua

Selain menikmati aquarium raksasa ciptaan Sang Maha Esa, di Maratua kita juga dapat melihat kawanan hewan laut berwarna abu-abu dan bersirip. Mereka sesekali melompat-lompat di udara, apalagi kalau bukan lumba-lumba. Mamalia laut yang satu ini merupakan salah satu dari beribu makhluk yang menghuni perairan Pulau Maratua. Lumba-lumba yang hidup disini ada berbagai macam spesies, tetapi yang paling banyak adalah spesies hidung botol, spinner, dan lumba-lumba bintik.

Read More

Setahun Lebih Muda Di Air Terjun Benang Kelambu

Ketika membicarakan mengenai lokasi yang tepat untuk berlibur di dalam negeri, tentunya masih banyak list tempat yang patut kita kunjungi. Karena, Indonesia merupakan negeri yang memiliki pemandangan sangat indah. Terbukti, banyak turis mancanegara yang justru memilih Indonesia sebagai destinasi yang wajib mereka sambangi ketika menghabiskan jatah liburannya. Selain pantai, gunung, dan keanekaragaman budaya yang dimiliki Ibu Pertiwi, ada lagi kekayaan terpendam yang ada di Indonesia, salah satunya adalah air terjun.

Read More

Simping, Pulau Terkecil Di Dunia

Banyaknya pulau terkecil di dunia mungkin dapat dihitung dengan jari, misalnya Bishop Rock yang terletak di antara Britania Raya dan Laut Pasifik. Pulau yang hanya memiliki satu mercusuar ini merupakan salah satu diantara pulau terkecil di dunia. Namun, tahukah Anda ternyata Indonesia juga mempunyai pulau yang tak kalah kecilnya, yaitu Pulau Simping.

Read More

Belajar Tentang Kesabaran Serta Semangat Berkreatifitas Dari Desa Pande Sikek

Ada perasaan bangga bercampur haru saat mengenakan sehelai kain indah yang mengundang decak kagum. Apalagi ketika mengetahui bagaimana kain itu dibuat dengan penuh kesabaran dalam hitungan bulan, juga filosofi di balik motifnya. Inilah sekelumit catatan saya saat mengunjungi Desa Pande Sikek, sebuah desa penghasil kain tradisional di Sumatera Barat. Desa Pande Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang, tepatnya di Kabupaten Tanah Datar. Nama desa ini tertera pada selembar uang kertas 5000 Rupiah. Dari Kota Bukittinggi, waktu tempuh ke desa ini sekitar 25 menit.

Read More

Bodensee, Danau Favorit Keluarga

Bodensee atau Danau Konstanz merupakan salah satu danau di Jerman. Bodensee pun dikenal sebagai danau terluas di Eropa yang menghubungkan tiga negara sekaligus, yaitu negara Jerman (wilayah Baden-Württemberg dan Bayern), Swiss (Kanton St. Gallen dan Thurgau), serta Austria (negara bagian Vorarlberg). Danau ini terlihat tidak seperti danau, karena sangat luas dan banyak yang menganggapnya sebagai laut dengan pantai berpasir dipinggirnya. Saat musim panas, danau akan dipadati pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing. Para wisatawan akan berjemur di pinggir atau di sekitaran danau ini. Sekedar bersepeda mengelilingi kawasan Bodensee juga menyenangkan untuk dilakukan sambil menikmati hangatnya matahari.

Read More

Eksotisme Jajaran Pulau Flores

Tidak pernah habis bila membicarakan tempat indah di Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, terbentang kekayaan dan kecantikan Ibu Pertiwi. Sari Suwardji membuktikannya, Labuan Bajo patut diperhitungkan untuk tujuan wisata. Labuan Bajo, sebuah pelabuhan kecil yang cantik merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo, Flores.

Read More

Pantai Mawun, Sebuah Kecantikan Yang Tersembunyi

Pulau Lombok terkenal dengan pemandangan pantai yang menawan. Keelokan pantainya senantiasa mampu memikat para wisatawan untuk datang, salah satunya adalah Pantai Mawun. Nama pantai ini masih cukup asing, oleh sebab itulah masih jarang dikunjungi wisatawan. Pantai Mawun terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Jika menempuh rute Mataram - Cakranegara - Kediri - Praya - Penujak - Selong Belanak – Mawun, waktu tempuh dengan berkendara roda empat sekitar dua jam.

Read More

Hangatnya Muslimah Negeri Pizza

Musim dingin sudah sepenuhnya beranjak dari Italia. Secercah sinar mentari cukup menghangatkan hari yang terasa begitu sejuk dengan suhu 14 derajat celcius. Perjalanan kali ini saya awali dengan melangkah menuju Colosseo atau yang dikenal dunia dengan sebutan Colosseum.

Read More

Cahaya Islam di Byalistok Polandia

Kisah peradaban Islam memang selalu menggugah. Inilah yang mengantarkan tim Jazirah Islam Trans 7 untuk menjelajahi Polandia.

Read More

Perjuangan Muslimah Negeri Seribu Danau

Terhampar di utara biru Eropa, Finlandia tercatat sebagai Negara damai dan nyaman untuk dihuni. Hampir 80 persen warga Finlandia memeluk Kristen, dan sisanya mayoritas tak beragama. Meski demikian, Islam punya ruang tersendiri. Negeri dengan sistem pendidikan terbaik dunia ini, sangat toleran dalam hal kebebasan beragama. Terdapat sekitar 50 ribu muslim di Finlandia dan mayoritas tinggal di kota bagian selatan. Helsinki salah satu diantaranya.

Read More

Aquarium Raksasa di Sudut Sumatera

Ingin rehat sejenak sambil menikmati semilir angin dan deburan ombak? Tak perlu jauh-jauh terbang ke Nusa Dua, di sudut Pulau Sumatera ada pantai yang memanjakan mata untuk Anda pecinta pemandangan alam yang indah.

Read More

Lautan Langit di Timur Indonesia

Lama berkutat dengan deadline, saya menjadikan senja Timur Indonesia sebagai destinasi yang dinanti. Saya bersama enam kawan, merencanakan sejenak lari dari hiruk pikuk ibu kota. Dengan itenerary yang tidak terikat, kami memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Flores. Dan di tengah dinginnya angin malam, perjalanan kami pun dimulai.

Read More