Rahasia Kecantikan Indonesia : Sirih

Terbentang dari Sabang sampai Merauke dan terdiri dari 17 ribu pulau menjadikan Indonesia kaya akan budaya. Setiap kebudayaan yang ada selalu unik dan berbeda. Mulai dari tarian, baju adat, hingga kebiasaan, seluruhnya penuh karakter dan ciri khas. Aneka ragam perbedaan ini memasuki setiap jengkal kehidupan masyarakat Indonesia, tak terkecuali dalam perawatan kecantikan.

Kecantikan perempuan Indonesia pun dirasa spesial berkat rangkaian perawatan kecantikan yang berbeda dibandingkan negara lainnya. Bahan baku untuk prosesnya sangat alami, mudah didapatkan, juga diolah. Khasiatnya pun tak sembarangan. Rangkaian proses perawatan kecantikan ini sukses menjadi rahasia kecantikan turun temurun hingga banyak generasi. Sebenarnya, apa saja yang menjadi bahan utama rahasia kecantikan perempuan Indonesia? Kami ungkap rahasianya hanya untuk Anda.

Kulit bercahaya ala Suku Bugis tidak didapatkan dengan sendirinya. Wanita Bugis dikenal senang merawat kulit agar putih dengan memolesi bedak ke seluruh tubuh. Berbagai macam tumbuhan mereka olah menjadi bedak, seperti sirih, daun pandan, gingseng, bahkan jeruk nipis. Salah satu yang paling terkenal adalah bedak sirih yang terbuat dari campuran sirih, gambir, tepung beras, kunyit, dan buah pinang muda. Campuran itu kemudian dioleskan ke tubuh 2 atau 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang cerah. (Words Talita Zahrah | Image Istimewa)