Healthy Life, Happy Life : Are You Eating A Raw Food?

Bagaimana cara mudah untuk mendapatkan dan memiliki tubuh yang sehat? Tidak ada cara yang mudah untuk dilalui, yang ada hanyalah proses yang harus ditekuni. Ingat selalu tujuan akhir untuk mencapai hidup yang sehat, maka setiap prosesnya justru akan membawa kebahagiaan dan terasa mudah. Masyarakat urban mengenal beberapa gaya hidup sehat yang dapat dipilih untuk diterapkan. Setiap prosesnya bisa jadi berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu menjadikan tubuh lebih sehat dan jiwa lebih bahagia.

Raw food atau biasa juga disebut dengan living food (makanan hidup) adalah konsumsi makanan dalam bentuknya yang paling asli. Setiap makanan yang dikonsumsi tidak mengalami proses pemasakan atau pemanasan. Umumnya raw food terdiri dari sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan mentah dan menghindari konsumsi produk hewani. Metode raw food dapat tetap mempertahankan enzim yang bermanfaat bagi tubuh dan menjaganya untuk tetap sehat.

Tidak perlu terintimidasi dengan kata 'makanan mentah' yang menjadi arti harfiah dari raw food. Awali proses dari metode raw food dengan memakan sayuran mentah sebagai lalapan ataupun salad. Pastikan sayuran yang Anda konsumsi dicuci di air mengalir dan telah bersih sepenuhnya. Anda pun dapat memilih buah sebagai pilihan lainnya. Posisikan porsi sayuran juga buah sama atau lebih banyak dari porsi konsumsi makanan Anda dalam satu hari. Jika telah merasa nyaman, utamakan konsumsi sayuran dan buah sebagai makanan utama Anda. Saat menjalani raw food, sebaiknya berpikir untuk menjadi sehat secara menyeluruh. Tubuh yang langsing ataupun berat badan ideal adalah bonus yang didapatkan saat menerapkan metode raw food. Sayuran dan buah yang dikonsumsi memberikan efek untuk membantu proses pembakaran lemak. Walaupun begitu, raw food hanyalah bagian dari healthy lifestyle. Sempurnakan kesehatan tubuh Anda dengan rutin berolah raga. Pada akhirnya, tubuh akan menjadi lebih segar sekaligus semakin berenergi. (Words Talita Zahrah | Image Istimewa)