Healthy Life, Happy Life : Are You Combining Your Food?

Menjalani hidup yang aktif dengan rutinitas yang padat tidak seharusnya menjadi alasan untuk mengabaikan kesehatan tubuh. Jika tubuh sakit, maka rutinitas pun akan berantakan bahkan tidak akan mampu beraktifitas sama sekali. Oleh karena itu, kesehatan tubuh sudah semestinya menjadi prioritas utama untuk selalu dijaga. Seperti pepatah lama yang berkata, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.”, maka jadikanlah tubuh Anda untuk selalu sehat agar jiwa selalu mampu menopang kehidupan dengan lebih baik.

Food combining merupakan pola makan yang memperhatikan asupan makanan tidak hanya dari nilai gizinya, tetapi juga hal yang lebih substansial. Food combining mengusahakan tubuh untuk menyikapi dan menyerap dengan baik kandungan gizi yang ada dalam satu unsur makanan. Pelaku food combining mampu makan hingga kenyang tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman atau menyebabkan kegemukan. Dengan food combining, tubuh dapat dengan sendirinya mencapai tubuh sehat dan bonusnya adalah berat badan yang ideal.

Mulailah hari Anda dengan sarapan buah yang berserat, berair, dan matang di pohon. Buah-buahan yang dapat menjadi pilihan Anda adalah pepaya dan melon. Sebaiknya tidak memilih pisang, mangga, dan buah beralkohol, seperti durian, nangka, ataupun cempedak, karena tidak sesuai dengan kriteria buah baik santap di pagi hari. Sayuran mentah dapat menjadi pengganti bila Anda tidak memiliki buah. Sesuai aturan food combining, kombinasi yang paling serasi untuk makan siang dan makan malam adalah protein (hewani) dan sayuran. Kombinasi karbohidrat dan sayuran dapat menjadi pilihan alternatif. Karbohidrat sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan protein, karena karbohidrat membutuhkan enzim amilase untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan, protein membutuhkan enzim pepsin untuk diproses oleh tubuh. Kedua enzim ini, amilase dan pepsin, tidak dapat diproduksi dan bekerja bersamaan. Oleh karena itu, jika karbohidrat dan protein dimakan bersamaan hanya akan mempersulit proses pencernaan dan penyerapan energi oleh tubuh. (Words Talita Zahrah | Image Istimewa)