Because, We Do Need You : A Routine A Day, Keeps Cancer Away

Kanker payudara menjadi ujian berat lainnya yang dapat dialami oleh seorang perempuan. Kenali secara dini ciri dari kanker payudara untuk menghindari keadaan yang semakin buruk. Secara rutin, periksa diri apakah terdapat benjolan pada payudara ataupun bawah ketiak yang teraba oleh tangan.

Sadari jika benjolan ini semakin keras dengan bentuk yang tidak beraturan. Jika keadaan semakin memburuk, gejala yang timbul akan berupa perubahan bentuk payudara seiring dengan kulit payudara yang mengeras seperti kulit jeruk.

Tidak seperti kanker serviks yang disebabkan oleh virus dan dapat dengan dideteksi melalui Pap Smear, penyebab kanker payudara lebih ke akibat gaya hidup ataupun faktor genetik. Selalu waspada jika memang diantara keluarga terdapat sejarah penderita kanker payudara. Selain itu, tetap jaga pola makan dan rutin berolah raga. Kondisi ini akan menyeimbangkan keadaan tubuh dengan gaya hidup yang cepat, namun asupan gizi yang mungkin saja tidak terlalu sehat bagi tubuh. (Words Talita Zahrah | Image Istimewa)