10 Tips Berbelanja di Situs Online

Berbagai e commerce selalu melakukan berbagai macam cara untuk menarik minat konsumen. mulai dari diskon, paket murah hingga memberikan bonus – bonus menarik. Tak sedikit para konsumen tergiur oleh paket yang ditawarkan e commerce karena melihat harga yang terjangkau. Namun banyak juga konsumen yang tertipu dan mendapatkan hal yang tidak menyenangkan ketika berbelanja via online. Karena maslaah itulah Lazada, salah satu destinasi online memberikan 10 tips untuk Scarf Lover bagaimana mendapatkan pengalaman berbelanja online yang aman.

1. Website yang memiliki kredibilitas Berbelanjalah di website yang sudah terpercaya dengan meneliti terlebih dahulu dan sebisa mungkin menghindari meng-klik iklan yang muncul tiba tiba yang kemungkinan memiliki malware. Selalu berhati-hati dengan membaca lebih teliti sebelum memberikan informasi kartu kredit. 2. Hati-hati dengan penulisan Selalu teliti saat membaca alamat website (URL) dari portal. Perbedaan pada satu huruf saja dapat mengarahkan Anda ke website yang berbeda, meskipun cara bacanya sama. Perbedaan dalam penggunaan domain top-level seperti (.org, .net, .tv, .asia, dll) juga dapat memberikan hasil yang berbeda. Karena perbedaan kecil seperti ini bisa menjebak Scarf Lover pada penipuan. 3.Perhatikan tanda gembok Hal sepele yang kerap menjebak dan mengarah pada penipuan adalah saat mengunjungi website yang tidak memiliki kode SSL (Secure Sockets Layer) yang tertanam. Untuk mengetahui website yang aman dan memiliki SSL/TLS cek apakah website tersebut melalui https:// bukan http://. Perhatikan apakah gambar gembok terlihat di sebelah alamat URL di bawah web browser. Pastikan gembok terlihat ketika memasukan informasi pribadi dan saat pembayaran. 4. Hindari memberikan data melalui Email Jika admin meminta data-data pribadi untuk dikirimkan lewat email ketika Anda berbelanja di sebuah website, maka Anda harus waspada, Jangan pernah berbagi informasi kartu kredit melalui email. 6. Harus Teliti Rutin mengecek semua tagihan kartu kredit apabila menemukan transaksi yang tidak dilakukan oleh Scarf Lover atau pembayaran yang bukan seharusnya. Selalu gunakan cara pembayaran yang terpercaya seperti Paypal atau Alipay. Bila perlu, lihat kembali bukti pembayaran online sebelum akhir penagihan kartu kredit pada akhir bulan. 7. Gunakan software Anti Virus Beberapa daftar rekomendasi anti virus bisa dicek disini : https://www.top10bestantivirus.com/ salah satunya adalah Norton yang juga memberikan artikel yang sangat berguna yaitu How to Recover When Your Email Account is Hacked. 8. Langkah Verifikasi Scarf Lover tahu Nomor CVV2, Card Verification Value? Yaitu 3 angka disebelah yang terdapat di belakang kartu kredit. Website yang aman akan menanyakan nomor CVV2, dan ada yang meminta verifikasi tambahan dengan memberikan One Time Password (OTP), hal ini akan menambah proteksi untuk menghidari penipuan. 9. Hindari Berbelanja Online dengan Menggunakan Fasilitas umum Ketika mengharuskan memakai komputer atau fasilitas internet umum dalam berbelanja online, pastikan log out dengan sempurna. 10. Lakukan Pembersihan Bekala Dari The National Cyber Security Allliance (NCSA) dan Better Business Bureau (BBB) menyarankan bagi konsumen untuk selalu membersihkan dari data-data yang tertinggal seperti melakukan clear history. Melalui survey NCSA, disarankan dengan melalukan pembersihan ini agar data pribadi Anda lebih aman.

Nah, dengan 10 tips dan trik ini, Scarf Lover tidak perlu khawatir lagi dengan berbelanja online, selain bisa menghemat waktu, Scarf Lover bisa melakukan aktivitasnya dengan nyaman dan aman.