MOCA Fest 2016: Festival yang Menjembatani Seni Islami dan Bisnis

MOCA Fest (Marketplace of Creative Arts) merupakan festival seni yang digelar oleh World Islamic Economic Forum Foundation setiap tahun di negara yang berbeda. MOCA Fest pertama kali digelar tahun 2010 dan telah melibatkan lebih dari 43 negara. Tahun ini, Indonesia dengan bangga menjadi tuan rumah acara bergengsi tersebut.

Acara yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center ini berlangsung pada tanggal 2-3 Agustus 2016. MOCA Fest menghadirkan 16 seniman lintas negara dari bidang seni yang berbeda, mulai dari kaligrafi, art mural, hingga fashion muslim. Beberapa label busana muslim yang terlihat menunjukkan karyanya pada acara ini adalah Restu Anggraini, Jenahara, Temiko, dan Maima. Instalasi yang dibuat mewakili DNA dari koleksi terbaru mereka.

Tak hanya pameran, MOCA Fest juga menghadirkan acara seperti workshop, panggung music, film screening, dan diskusi panel. Adapun diskusi planel yang diselenggarakan memiliki tema yang actual dan menarik seperti The Business of Culture: Commercialisation or Prevervation? Dengan pembicara yang terdiri dari Putri Sulistyawati, Ambassador and Programme Coordinator Indonesia Heritage Trust, Rasmee Wayrana, singer and songwriter dari Thailand, dan Fiki Satari, Chairman Bandung Creative City Forum. Acara ini diharapkan dapat membantu mempromosikan budaya seni Islami di era ekonomi global. Sekaligus menjadi ajang untuk saling mendukung, mengapresiasi, dan memotivasi kreatifitas bisnis masing-masing negara.