Say Yes to Leather

Beragam produk berbahan kulit memang tak lekang oleh waktu. Banyak brand ternama menggunakan material ini untuk pakaian, tas, dompet, ataupun sepatu. Seperti yang kita tahu, material kulit yang biasa dipakai biasanya adalah kulit sapi, domba, ular, atapun buaya. Semakin langka kulit tersebut semakin selangitlah harga produk tersebut. Namun sebelum bicara lebih panjang mengenai produk fashion berbahan kulit, mari kita kenali terlebih dahulu jenis-jenis kulit. Bahan dasar kulit biasanya dibedakan menjadi dua. Jenis hide yaitu kulit yang dihasilkan dari binatang ternak besar seperti sapi, kuda, kerbau. Sementara satu lagi jenis skin, biasanya dihasilkan dari domba, dan reptil. Dari kedua jenis kulit tersebut, jenis skin biasanya jauh lebih mahal. Terutama kulit domba. Karena sifatnya yang lembut, empuk dan luxurious. Belum lagi jenis kulit reptil buaya langka yang diternakan khusus oleh perusahaan tas terkenal Hermes sehingga harganya bisa mencapai milyaran. Material kulit ini masih menjadi material primadona bagi brand fashion baik dunia ataupun lokal. Tidak banyak yang tahu, sebelum tren lady biker style digemari, dulu pertama kali jaket kulit digunakan oleh penerbang saat perang dunia kedua. Hal ini untuk melindungi tubuh penerbang dari suhu ekstrim.

Saat ini semakin berkembangnya jaman, jaket kulit sudah beralih fungsi bukan hanya untuk melindungi tubuh dari suhu udara dingin ataupun panas, tapi lebih cenderung ke kebutuhan fashion dengan model yang sangat bervariatif. Sesuai dengan selera dan kebutuhan si pemakai. Jaket kulit pada masa sekarang, bukan hanya populer digunakan oleh kaum pria saja, bahkan perempuan pun kini tak ketinggalan menggunakan jaket kulit dalam aktifitas keseharian. Selain jaket kulit, fashion item lain yang pasti digemari adalah tas, dompet dan sepatu. Banyak perempuan yang rela untuk mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan kualitas produk kulit yang baik. Kita tengok saja dapur dari Gucci, Hermes, Salvatore Ferragamo, Tods, dan brand ternama lainnya pasti mengeluarkan koleksi produk dari kulit baik jenis hide ataupun skin dan biasanya mereka mematok harga material kulit lebih mahal dari koleksi mereka yang terbuat dari kanvas atau material lainnya.

Jika anda termasuk yang suka berburu dengan produk berbahan kulit, sudah seharusnya tahu bagaimana merawat produk tersebut. Untuk perawatan jaket kulit, hal pertama yang harus diperhatikan adalah cara menyimpannya. Bila cara menyimpannya tidak benar dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Permukaan jaket yang kotor perlu dibersihkan sebelum menimbulkan bintik-bintik pada kulit dan menjadi sulit untuk dibersihkan, berikut tips merawat jaket kulit anda yang berharga. Kulit harus diberi condisioner khusus untuk mencegah pengeringan, menjadi keras atau retak. Pemolesan dan pengeringan gesper logam yang terdapat pada jaket akan mencegah kerusakan karat. Tempat penyimpanan juga sangat penting karena jika terkena panas yang berlebihan, kelembaban dan bahkan sinar matahari dapat merusak kulit. Kita jangan hanya suka dan mampu membeli tapi juga harus mampu merawat. Karena produk-produk tersebut bisa menjadi investasi yang baik bila dirawat dengan baik.